Apakah Penyebab Anak Jalanan Bertindak Liar dan Kasar??

Anak jalanan yang hidup dan besar dihiruk pikuk dunia luar sudah biasa melihat atau mungkin merasakan kekejaman atau tindak kriminalitas pada dirinya maupun orang lain. Itulah menngapa mereka bertindak liar dan sedikit kasar. Tidak adanya kontrol dari orang tua juga menjadi pemicu sifat liar dan nakal para anak jalanan, bahkan tidak mustahil orang tua mereka pun kerap mengatai atau mencaci dengan kata-kata kasar dan tidak pantas diterima oleh anak-anak mereka yang dibwah umur.

Secara kejiwaan mereka secara tidak langsung akan mencontoh dan meniru apa yang  terjadi disekelilingnya, apalagi mereka masih dalam tahap perkembangan. Alangkah berbahayanya jika anak dibawah umur dan belum mengerti apa-apa sudah mengeluarkan kata-kata kotor? Siapa yang akan bertanggung jawab atas tumbuh kembang mereka?

Tidak wajar orang tua yang harusnya dapat mengayomi anak-anaknya malah justru memberi contoh perilaku yang buruk seperti kata-kata kasar, eksploitasi anak, dan memberikan punishment jika tidak mendapat uang. Perilaku demikianlah yang dapat berpotensi perkembangan anak hingga akhirnya mereka meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Beberapa narasumber mengatakan, bahwa anak jalanan kerap memaksa atau mengeluarkan kata-kata kasar bila tidak diberi uang. Ada pula modus mereka yang tetap menunggu sambil bernyanyi hingga diberi uang jika tidak, mereka akan terus membuntuti kemana orang itu beranjak dari tempat sebelumnya. Dan menurut narasumber mereka juga sering kali tidak mengucapkan terima kasih dan langsung pergi begitu saja padahal lagunya pun belum selesai dinyanyikan.

Anak jalanan sering kali disama-samakan dengan anak punk. Meski belum jelas perbedaan yang signifikan publik sering beranggapan bahwa anak punk yang memiliki style sedikit menonjol termasuk anak jalanan. Kegiatan mereka pun tentu tidak sama, seperti anak punk yang cenderung menggunakan banyak aksesoris dan lainnya tidak mungkin menyemir sepatu dan sebaliknya anak jalanan yang biasa ngamen atau jongkok menyikat sepatu berdandan ala anak punk. Sedangkan biaya untuk makan pun sulit mereka dapatkan. Jadi anggapan-anggapan dan presepsi-presepsi inilah yang membuat orang-orang segan dalam memberi sumbangan.

Tentang pedulipendidikananakjalanan

Gerakan ini bertujuan mengajak orang-orang untuk ikut serta peduli akan pendidikan anak jalanan, khususnya di Ibu kota Jakarta. Dimana anak jalanan di Jakarta sudah sangat banyak, dan diantara mereka hanya sedikit yang pernah mengenyam dunia pendidikan. Untuk itu, kami di sini ingin mengajak agar orang-orang menyadari bahwa anak jalanan pun berhak mendapatkan pendidikan.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Apakah Penyebab Anak Jalanan Bertindak Liar dan Kasar??

  1. unyunyu berkata:

    kata orang ni yah anak kecil itu ibarat kertas putih. kalo yang mencoretnya bagus, hasilnya bagus tapi kalo coretnya jelek ya jelek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s